Mantan striker Nigeria Chinedu Obasi dituduh pada hari Minggu

Mantan striker Nigeria Chinedu Obasi dituduh pada hari Minggu (10 Mei) ia diminta membayar suap untuk tampil di Piala Dunia 2014, sebelum akhirnya absen dalam seleksi.

Obasi, 33, yang telah menjadi agen gratis sejak agen ebet meninggalkan pakaian Swedia AIK pada Januari, membuat penampilan Super Eagles terakhirnya pada 2011 dan memiliki mantra klub di Jerman bersama Hoffenheim dan Schalke.

“Saya seharusnya berada di Piala Dunia 2014, saya bermain dengan Schalke di Liga Champions, semuanya baik-baik saja. Di akhir musim, saya diberikan undangan untuk persiapan Piala Dunia untuk pertandingan persahabatan di Afrika Selatan,” “Obasi berkata di media sosial.

Jadi, dua hari sebelum daftar keluar, saya diminta untuk membayar sejumlah uang jika saya ingin berada di tim, “tambahnya.

Obasi, yang memenangkan medali perak di Olimpiade Beijing 2008 dan bermain di Piala Dunia 2010, mengatakan pindah dari Bundesliga gagal setelah absen dari turnamen empat tahun kemudian.

“Saya merasa telah membayar samuderapoker iuran untuk negara, jika Anda pemain baru, saya bisa mendapatkannya tetapi bagi saya, itu sedikit pribadi dan sangat memilukan karena saya cedera – saya seharusnya pindah dari Hoffenheim ke Inggris, “katanya.

“Dan itu membutuhkan banyak pengabdian, membutuhkan banyak uang dan membutuhkan banyak investasi dalam diri saya dan tubuh saya. Saya menjalani operasi dan melakukan semua yang saya bisa.”

Namun, salah satu asisten pelatih Nigeria di Piala Dunia enam tahun lalu, Valere Houdonou, menyatakan Obasi tidak cukup baik untuk membuat skuad terakhir menghadapi persaingan dari pemain seperti Peter Odemwingie dan Ahmed Musa.

“Pertanyaannya adalah, siapa yang bisa dia gantikan di antara para striker saat itu?” Kata Houdonou.

“Dia diundang seperti setiap pemain potensial lainnya yang dapat membuat Piala Dunia saat itu karena kru pelatih ingin mengambil yang terbaik ke Brasil saat itu.

“Dia gagal membuat daftar karena dia tidak bisa menggantikan siapa pun di tim,” tambahnya

Daniel Amokachi, yang juga asisten pelatih di Piala Dunia di Brazil, mengecualikan tuduhan Obasi terutama setelah pelatih kepala Stephen Keshi meninggal pada 2016, bersikeras para pemain juga bersalah.

“Masalah pengambilan suap atau pengumpulan dalam sepak bola kami bukanlah hal satu arah. Agen pemain akan datang dan bertemu pelatih untuk menawarkan uang agar pemain mereka diambil,” kata mantan striker Everton, yang tampil di Piala Dunia 1994 dan 1998.

“Ini hal dua arah. Kadang-kadang, pemainlah yang bahkan akan pergi ke pelatih untuk mengatakan ‘agen saya mengatakan dia akan membayar saya untuk menjadi bagian dari tim’,” katanya.

“Anda juga akan melihat beberapa administrator dan pelatih yang telah mengubah agen yang akan mencoba mempengaruhi hal-hal dari samping,” tambahnya.Mantan striker Nigeria Chinedu

Badan-badan anti-korupsi Nigeria sedang menyelidiki pejabat senior Federasi Sepak Bola Nigeria yang dipimpin oleh presiden Amaju Pinnick setelah tuduhan “berat” diajukan terhadap mereka.